https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF | Ardiani | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Devi Ardiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Solving lebih baik dari pada yang dikenai model pembelajaran Cooperative Script. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs. AL-Azhar Kalijaya Alian yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya 50. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematika yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji keseimbangan untuk data awal ujian akhir semester 1 dengan uji prasyarat normalitas, dan homogenitas variansi. Analisis data akhir tes kemampuan berpikir kreatif menggunakan uji hipotesis dengan uji-t ekor kanan. Berdasarkan hasil pernelitian disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan model pembelajaran Problem Solving lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran Cooperative Script.

 

Kata kunci: Problem Solving, Cooperative Script, berpikir kreatif


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i1.2696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.